Wednesday, February 6, 2008

Unpad Membangun Indonesia

Suara Unpad, 6 Feb 08

Kampus adalah dapur wacana intelektual. Peran kampus dalam membangun masyarakat tentu tidak diragukan lagi. Sayangnya kampus dianggap harus ‘netral’ dari wacana-wacana yang berbau politik. Ini sangat disayangkan.

Jika kita melihat Universitas di negara yang telah memiliki kultur demokrasi, tidak aneh jika dosen, profesor dan civitas akademika lainnya membuka mimbar bebas di taman-taman, selasar kampus atau koridor untuk menyuarakan pandangan kampus mengenai kondisi kebangsaan.

Bebas Politik Partai vs Apolitis.

Kecenderungan yang terjadi adalah kampus seakan harus bebas dari politik. Padahal kampus sebagai kawahcandradimukanya intelektual bangsa tentulah harus politis jika masih peduli pada kondisi masyarakat dan kondisi kebangsaan. Pasalnya dalam politik kita membahas kebijakan-kebikan yang menentukan nasib publik. Ketika kampus apolitis maka kampus tidak lagimemperdulikan suara publik.

Jadi, apolitis beda dengan menolak kampus masuk dalam area politik praktis (baca partai). Kampus tentu tidak dapat berafiliasi dengan partai politik. Secara personal orang dibebaskan untuk memilih dan aktif di partai politik, tapi tidak untuk kampus. Namun itu tidak berarti kampus tidak memiliki pandangan terhadap kondisi kebangsaan.

Unpad bersuara

Sudah saatnya Unpad memainkan perannya sebagai universitas untuk ikut menyuarakan aspirasi masyarakat. Minimal memberikan pandangannya terhadap kodisi kemasyarakatan. Unpad harus menjadi suatu subsistem dalam bangsa ini, kini waktuya unpad connections memainkan perannya. Jika alumni kampus luar negeri (misal:Berkeley) saja bisa memainkan perannya begitu besar dinegara ini, mengapa Unpad tidak?. Padahal Unpad jelas-jelas dibangun untuk menjadi sumber SDM berkualitas bagi pembangunan negeri ini.

Masyarakat menunggu Unpad bersuara, menilai realitas, memandu masyarakat, dan berperan aktif dalam membangun Bangsa. Saatnya elemen unpad bersuara dan bersama-sama membangun bangsa.

Unpad Berbenah,

Membangun Masyarakat!

Membangun Bangsa!